Tonggak Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak-anak

Share

Tonggak Perkembangan (Developmental Milestones) adalah seperangkat perilaku, keterampilan, atau kemampuan yang ditunjukkan oleh anak pada usia tertentu selama masa bayi dan usia dini dalam perkembangan yang umum. Tonggak perkembangan sering disajikan dalam daftar yang dipecah berdasarkan usia, dimulai sekitar usia 1–3 bulan dan berlanjut hingga sekitar usia 5 tahun. Bicara normal berkembang melalui tahap mendekut (cooing: ah; oh; uh), mengoceh (babbling), kata-kata, dan kombinasi kata, sedangkan bahasa normal berkembang melalui tahap memahami dan mengungkapkan konsep yang lebih kompleks.

Perbandingan ucapan anak yang seharusnya dapat dimengerti oleh orang asing tanpa adanya isyarat kontekstual (non-verbal) meningkat seiring bertambahnya usia. Tonggak untuk perkembangan ini dapat diingat dengan menggunakan “aturan empat”: dengan asumsi usia anak (dalam tahun) dibagi empat, hasil bagi kira-kira sama dengan jumlah ucapan yang seharusnya dapat dimengerti. Sehingga semestinya, ucapan/bicara

-anak usia 1 tahun harus dapat dimengerti 25% dari waktu,

-anak usia 2 tahun 50% dari waktu,

-anak usia 3 tahun 75% dari waktu, dan

-anak usia 4 tahun mendekati 100% dari waktu

 

Tabel : Tonggak Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak-anak

Penting bagi orangtua (caregivers anak) memiliki pemahaman tentang tonggak perkembangan bicara dan bahasa pada anak untuk menentukan apakah anak mengalami keterlambatan bicara atau bahasa sehingga ketika dicurigai terjadi keterlambatan pada anak dapat segera memberikan intervensi sedini mungkin.

Share

Related posts

Leave a Comment